Sabtu, 1 November 2014

Gol manis Maitimo ke gawang Laos awali debutnya di Timnas Garuda

| 2.764 Views
id timnas garuda, laos, piala afc, imbang, rafael maitimo
Gol manis Maitimo ke gawang Laos awali debutnya di Timnas Garuda
Pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Guilermo Maitimo (kanan) dan Johny Van Beukering mengikuti sesi latihan Timnas yang dipersiapkan dalam kejuaraan AFF Suzuki Cup 2012 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (8/11). Pelatih Timnas Indonesia Nil Maizar masih akan melihat dan menilai kemampuan tiga pemain naturalisasi sebelum resmi bergabung dengan pemain timnas yang akan berlaga pada ajang AFF Cup 2012. (FOTO ANTARA/Wahyu Putro A)
Saya senang sekali bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia."
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Raphael Maitimo mengawali debutnya bersama Timnas Garuda dengan manis setelah mampu menciptakan satu gol ke gawang Laos pada pertandingan Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu.

Gol pemain blasteran Indonesia-Belanda itu tercipta pada menit 42 melalui sundulan dan gol tersebut mampu melecut semangat semua pemain Timnas Garuda yang sebelumnya tertinggal dari Laos.

Setelah kedudukan sama kuat 1-1, Laos kembali mengebrak bahkan kembali unggul lewat Keoviengpheth Lithideth. Menjelang pertandingan usai Vendry Mofu dengan tendangan kerasnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

"Saya senang sekali bisa mencetak gol. Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia," kata Raphael Maitimo usai pertandingan.

Pemain kelahiran Rotterdam Belanda, 17 Maret 1984 itu mengaku, saat diberi kepercayaan menjadi pemain inti dirinya langsung berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya meski berada diposisi baru yaitu bek kanan. Posisi sebenarnya adalah pemain sayap.

Kepecayaan itu, kata dia tidak disia-siakan dan terbukti mampu menciptakan gol pada debutnya bersama Timnas Garuda yang saat ini dilatih oleh Nil Maizar.

"Saya akan berusaha bermain bagus untuk pertandingan-pertandingan berikutnya," kata pemain yang baru saja mendapatkan paspor Indonesia itu.

Pemain dengan nama lengkap Raphael Guillhorno Eduardo Maitimo ini masuk 22 pemain inti yang didaftarkan ke AFF menjelang batas akhir penutupan, Jumat (23/11).

Proses administrasi kewarganegaraan bagi Maitimo ini terbilang cepat karena prosesnya tidak sampai dua bulan. Bahkan untuk melakukan sumpah dan pembuatan paspor dilakukan di Medan. Setelah jadi pemain 28 tahun itu langsung kembali ke Malaysia untuk bergabung dengan timnas.

Masuknya mantan pemain SC Feyenoord AV itu ke Timnas Garuda berdampak pada dicoretnya pemain Espanyol B, Arthur Irawan dari posisinya yaitu bek kanan. Pemain berusia 19 tahun itu akhirnya gagal turun di Piala AFF 2012 meski telah dibawa ke Malaysia.

Dengan bermain bagus saat Timnas Garuda berhadapan dengan Laos, Raphael Maitomo berpeluang besar kembali masuk 11 pemain inti yang akan diturunkan menghadapi Singapura di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (28/11). (B016/A020)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga