Selasa, 16 September 2014

Sampoerna Academy target cetak 1.000 lulusan

Kamis, 29 November 2012 23:39 WIB | 2.332 Views
Jakarta (ANTARA News) - Sampoerna Academy (SA), sekolah setaraf SMA berasrama dengan standar internasional di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation, berencana mencetak setidaknya 1.000 lulusan hingga 2015.

SA menyebutkan jumlah lulusan ini akan dicapai dengan mengimplementasikan pendidikan holistik abad-21 (21st Century Learning), sehingga para lulusan Sampoerna Academy menjadi calon pemimpin Indonesia yang berkualitas dan memberikan kontribusi kembali kepada komunitasnya.

Sampoerna Academy percaya institusi pendidikan dapat berperan dalam membantu mengatasi kekurangan sumber daya manusia berkualitas di masa mendatang, yang telah diidentifikasi oleh para pakar sebagai potensi penghambat untuk perkembangan perekonomian Indonesia ke depan.

Berdasarkan hasil laporan dari konsultan manajemen McKinsey yang belum lama ini diterbitkan, saat ini terdapat kesenjangan yang mengkhawatirkan antara SDM yang tersedia dan apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh industri pekerjaan.

"Berdasarkan laporan tersebut, permintaan terhadap tenaga kerja terampil dan tenaga kerja terdidik akan meningkat dari 55 juta menjadi 113 juta pada tahun 2030, atau setara dengan kenaikan hampir 60 juta tenaga kerja," ujar Bambang Irianto, praktisi pendidikan.

Menurut dia, hal ini mengharuskan sektor pendidikan kita untuk dapat mencetak lulusan yang mampu memenuhi standar permintaan industri pekerjaan baik nasional maupun internasional.

Siswa tidak hanya dibekali dengan kemampuan akademis tetapi juga pengembangan kepemimpinan dan keterampilan hidup.

Koordinator Unit Pendidikan Sampoerna Academy, Reynold Hutabarat, mengatakan kebutuhan mendesak akan pendidikan berkualitas mengharuskan kita menjadi lebih kreatif dalam menyusun kurikulum sekolah.

Inilah mengapa model pendidikan Sampoerna Academy menawarkan pengalaman yang lebih dari sekedar pendidikan akademis kepada siswa-siswi.

Sejak didirikan pada tahun 2009, Sampoerna Academy telah menyediakan akses terhadap pendidikan berkualitas untuk siswa-siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera.

Di tahun 2012, Sampoerna Academy mewisuda 226 lulusan pertamanya. Sebanyak 201 lulusan diterima di universitas unggulan di Indonesia dan 25 lulusan Sampoerna Academy telah diterima di universitas luar negeri, termasuk Texas Tech University, West Virginia University, University of Hawaii Manoa, University of Kentucky, University of Minesota, University of Missouri dan, Lone Star Community College

(D012/H-KWR) 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga