Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim nasional (Timnas) sepakbola Garuda Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 dari Malaysia pada pertandingan Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2012 Grup B di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu.

Gol bagi anak asuh Rajagobal ini diciptakan oleh Azammuddin bin Mohd Akil di menit 26 dan Mahalli Bin Jasuli di menit 29.

Timnas Garuda yang dipertandingan ini hanya membutuhkan hasil seri tampak langsung berinisiatif untuk melakukan tekanan terlebih dahulu. Gempuran dimulai dari sayap kanan melalui Elie Aiboy. Pemain senior itu langsung menusuk ke pertahanan lawan.

Tidak hanya dari Elie, serangan yang dimotori oleh Taufiq juga dilakukan dari tengah dan sayap kiri melalui Oktovianus Maniani. Bahkan, Irfan Bachdim nyaris membobol gawang Mohd Farizal, jika tidak terhalang pemain belakang Harimau Malaya itu.

Tekanan kepada Malaysia dilakukan Indonesia secara tiada henti, meski Malaysia juga sering melakukan tekanan balik. Tekanan balik Malaysia terbukti lebih efektif karena mampu memecah kebuntuhan pada menit 26.

Azammuddin bin Mohd Akil yang bernomor punggu 14 mampu memperdayai penjaga gawang Garuda, sehingga Malaysia unggul 1-0. Terciptanya gol ini membuat puluhan ribu pendukung tuan rumah yang memenuhi stadion kontan bergemuruh.

Tertinggal 0-1, Garuda mencoba bangkit. Namun, gawang Indonesia kembali kebobolan lewat tendangan keras pemain belakang Malaysia, Mahalli bin Jasuli, di menit 29. Malaysia unggul sementara 2-0 atas Indonesia hingga turun minum.

Tertinggal cukup jauh tidak menyurutkan semangat tim Garuda dalam memberikan tekanan. Duet Ifran Bachdim dan Samsul Arif sering merepotkan pertahanan Malaysia yang dimotori Mohamad Fadhli Bin Mohd Shas. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012