"Saya akan bertanggungjawab dengan hasil ini."
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim nasional sepakbola Indonesia Garuda gagal melangkah ke semifinal Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2012 lantaran dalam pertandingan penentuan kalah 0-2 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu.

Tidak lolosnya anak asuh Nil Maizar itu juga ditentukan oleh pertandingan lain antara Singapura melawan Laos.

Singapura yang bertanding saat yang sama di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, menang tipis 4-3 atas Laos.

Dengan hasil dua pertandingan ini, maka Singapura dan Malaysia berhak maju ke babak semifinal. Kedua tim itu sama-sama mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan.

Indonesia tertahan di posisi tiga dengan empat poin, sedangkan Laos terpaku di juru kunci Grup B dengan satu poin dari tiga pertandingan.

Nil Maizar, yang mantan pelatih klub Semen Padang, mengaku jika hasil yang diraih oleh Andik Vermansyah tidak baik. Hanya saja pihaknya tetap mengapresiasi permainan anak asuhnya selama 90 menit.

"Kita kecolongan gol dalam empat menit. Kondisi ini cukup berpengaruh bagi pemain. Tapi, mereka tetap mampu bermain dengan baik," katanya usai pertandingan.

Menurut dia, kekalahan yang diterima Garuda bukan merupakan kesalahan pemain. Semua pemain yang diturunkan telah berusaha menunjukkan kemampuan terbaikknya, meski belum mampu mengejar ketertinggalan,

"Saya tidak menyalahkan pemain. Saya akan bertanggungjawab dengan hasil ini. Saya telah enam hingga depan bulan bersama pemain ini," kata pelatih berusia 42 tahun itu.

Pelatih Malaysia, Rajagobal mengaku puas dangan hasil yang diraih anak asuhnya. Pertandingan melawan Indonesia cukup berat meski akhirnya mampu unggul 2-0, dan membawa tim ini lolos ke semifinal turnamen dua tahunan ini.

"Pertandingan tadi cukup bagus. Kedua tim berusaha memberikan yang terbaik. Kami salut dengan permainan semua pemain," katanya usai pertandingan.

Dengan lolos sebagai runner up Grup B, maka Malaysia akan berhadapan dengan juara Grup A, yaitu Thailand di semifinal, sedangkan Singapura yang menjadi juara Grup B akan berhadapan dengan Filipina selaku runner up Grup A.
(T.B016/D011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012