... nama presiden Obama karena kepemimpinannya di bidang lingkungan, terutama menciptakan energi bersih... "
Jakarta (ANTARA News) - Melekat  dengan lambang kepresidenan, Obama yang dikenal sebagai presiden Amerika kini juga dikenal sebagai pemimpin suatu jenis ikan setelah beberapa peneliti menamakan hasil penemuan terbaru spesies ikan air tawar mereka dengan nama Etheostoma obama.

Jika species baru ikan air tawar itu bisa bicara, mungkin dia akan berkata, "Perkenalkan... saya obama, ikan jenis baru.." 

Para peneliti tersebut memberi nama kelima spesies ikan yang baru mereka temukan dengan berbagai tokoh kenegaraan, tak terkecuali Obama, yang dinilai memiliki kemiripan dalam karakteristik sifat dengan spesies ikan terbaru tersebut. 

"Kami pilih nama presiden Obama karena kepemimpinannya di bidang lingkungan, terutama menciptakan energi bersih, dan karena dia merupakan salah satu pemimpin pertama yang melakukan pendekatan konservasi dan perlindungan lingkungan," ujar Layman.

Peneliti dari Geosyntec Consultant di Georgia, Steve Layman, dan Ricky Mayden, dari Universitas Saint Louis, melihat ikan spesis baru itu pertama kali di Sungai Duck and Buffalo, yang menjadi bagian dari Sungai Tennessee.   

Beberapa nama tokoh kenegaraan lain juga pernah dijadikan nama berbagai tempat dan benda sebagai tanda penghormatan tempat seperti Teddy Roosevelt, Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Al Gore. Semuanya nama-nama petinggi puncak Amerika Serikat. 

Ikan tersebut memiliki beragam warna berbeda di sisiknya, pejantan biasanya berukuran sepanjang 55 mm dan hidup di air tawar sungai yang membelah jantung Amerika Serikat. 

Nama ikan itu diambil dari cara ikan itu berenang cepat menghindari bebatuan dan benda sungai lain di dasar sungai.

Ikan ini kebanyakan ditemukan hidup di dasar sungai kecil di utara Alabama dan sebelah timur Tennessee yang merupakan daerah basis Demokrat berkumpul.

Etheostoma obama merupakan ikan kecil berwarna orange dan biru yang berkilauan di sisik dan sirip tipisnya yang melambai-lambai di air. 

(tri)

Pewarta: Tria Dianti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012