Kota Jakarta tidak boleh kalah dengan Singapura, Kuala Lumpur, Sidney, dan London yang menggelar event karnaval besar,"
Jakarta (ANTARA News)- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Karnaval Budaya Betawi yang mengangkat ondel-ondel.

"Kota Jakarta tidak boleh kalah dengan Singapura, Kuala Lumpur, Sidney, dan London yang menggelar event karnaval besar," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat memberi sambutan pada Silaturahmi bersama Pengurus RT, RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Dewan Kota Kabupaten dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Lembaga Kemasyarakatan DKI di Istora Senayan, Minggu.

Jokowi mengaku dirinya berkeinginan pusat kebudayaan Indonesia berada di Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI akan memulai gerakan perdana dengan mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) memakai pakaian khas Betawi mulai 2013.

Namun, Pemprov DKI masih memproses apakah pakaian Abang None atau Sadariah yang akan dikenakan seluruh pegawai pada setiap hari Rabu nanti.

"Intinya, kota Jakarta harus punya karakter, identitas, dan ciri khas," ungkapnya.

Pemprov, lanjut Jokowi, DKI juga mencanangkan program nuansa khas Betawi pada setiap bangunan yang akan didirikan di Ibukota mulai tahun depan.

"Setiap bangun pasar, apartemen, kantor, sekolah, bank, dan sebagainya wajib memakai karakter Betawi. Saya akan memaksa walaupun sekadar nampak di depan bangunan saja," tuturnya..

Jokowi menjelaskan, kebudayaan khas Betawi yang bisa ditonjolkan di dalam bangunan sangat banyak di antaranya rumah Kabayan, rumah pesisiran, rumah Joglo Betawi.

"Namun, sayangnya keberadaan budaya tersebut sudah beberapa tahun dilupakan," jelasnya.

Jokowi menambahkan, pihaknya juga berencana menggerakkan kembali sejumlah sanggar budaya di tingkat kampung.

"Saya mengajak masyarakat bergerak untuk mewujudkan program ini. Pemda tidak mungkin bergerak sendiri, semuanya harus digerakkan," tambahnya.

Silahturahmi dihadiri sekitar 10.000 pengurut RT, RW, LMK, Dewan Kota Kabupaten dan PKK serta Lembaga Kemasyarakatan se DKI Jakarta.

Acara itu dimeriahkan pula dengan pementasan sejumlah seni tari di antaranya Tarian Lampion Oriental, Tarian Melayu, Tarian Jawa bakul jamu, Gambang Keromong China peranakan Betawi. Serta sejumlah artis yakni Didi Kempot, Iis Dahlia dan Teamlo.
(ANT-306/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012