Bengkulu (ANTARA News) - Perajin di Kota Bengkulu menargetkan memproduksi sebanyak 10.000 terompet untuk kebutuhan perayaan menyambut tahun baru 2013.

"Saya menargetkan membuat 10.000 terompet untuk kebutuhan masyarakat di daerah ini yang akan menyambut perayaan malam pergantian tahun dari 2012 ke 2013," kata seorang perajin terompet di Kelurahan Kebun Geran Kota Bengkulu, Agus, Senin.

Ia menjelaskan, hingga hari ini telah menyelesaikan sebanyak 5.000 terompet. Bahkan 2.000 terompet telah dibeli pedagang dari Kabupaten Mukomuko pada lima hari lalu.

"Sekitar 3.000 terompet yang telah selesai dibuat telah dipesan lima orang pedagang di Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu dan tinggal dilakukan transaksi pembayaran dalam minggu ini," katanya.

Selain itu, pedagang dari Curup Kabupaten Rejang Lebong, Argamakmur Bengkulu Utara dan Manna Bengkulu Selatan juga sudah menghubungi melalui telepon untuk membeli terompet tahun baru.

"Kami menyerahkan barang setelah pedagang membayar sejumlah tunai berdasarkan nilai transaksi. Meski pedagang telah memesan tetapi belum membayar bisa saja transaksi dibatalkan," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini sedang merakit sebanyak 5.000 terompet lainnya yang telah dibuat dalam kondisi 80 persen selesai dan tinggal membuat hiasan pada beberapa bagian terompet.

"Semua terompet ditargetkan selesai dibuat sebelum 20 Desember 2012 karena di atas tanggal tersebut pedagang sudah mulai berjualan di tempat keramaian seperti pasar, pertokoan, terminal, kawasan wisata dan pinggir jalan raya yang ramai dilalui pengendara," katanya.

Terompet yang diproduksi antara lain jenis tabung kecil, tabung jumbo, naga, keong dan saxofon. Harga jual terompet kepada pedagang antara Rp1.500 hingga Rp15.000 per buah. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012