Jakarta (ANTARA News) - Film "The Hobbit" akhirnya muncul di layar lebar akhir tahun ini sekaligus menjadi pamungkas film Hollywod tahun ini.

Reuters melaporkan, film yang akan tayang perdana 14 Desember ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan tahunan Box Office di Amerika Utara dalam tiga tahun terakhir.

Ini adalah pembuktian kalau film Box Office bisa memancing orang datang ke bioskop ketimbang nonton televisi, main game atau internetan di rumah.

The Hobbit digadang-gadangkan bakal menyamai kesuksesan film-film seperti "The Avengers" yang menjadi berpendapatan ketiga terbesar 623 juta dolar AS dan "The Dark Knight Rises" serta "The Hunger Game" yang meraup lebih dari 400 juta dolar AS.

Penghasilan ini diperkirakan menjadi peningkatan terbesar dalam tiga tahun terakhir. Menurut Asosiasi Pengusaha Bioskop di Amerika Serikat, selama ini penjualan tiket bioskop berkisar 7,94 dolar AS per orang atau hanya naik beberapa sen dari harga tiket tahun lalu.

Hollywood telah meraup keuntungan 9,7 miliar dolar AS dalam hal penjualan tiket dan telah menjual lebih dari 1,2 miliar tiket di Amerika Utara (AS dan Kanafa) dengan pertumbuhan pasar 5,5 persen sepanjang tahun lalu.

Industri film sedikit bisa lega dibandingkan tahun lalu di mana tercatat hanya beberapa film yang tidak sukses di pasaran seperti "The Girl with the Dragon Tatto" dan film animasi "Hugo"

(tri)

Penerjemah: Tria Dianti
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012