Jakarta (ANTARA News) - Angka penjualan tablet buatan Microsoft, Surface RT, diperkirakan menembus sejuta unit pada kuartal keempat tahun ini, menurut perusahaan riset IHS iSuppli.

"Kami melihat estimasi penjualan 1,3 juta" dalam kuartal ini, kata seorang analis di IHS iSuppli, Rhoda Alexander, dalam wawancara telepon dengan CNET baru-baru ini.

Versi Surface RT, tablet pertama Microsoft dijual mulai 26 Oktober lalu, sudah memasuki kuartal keempat, tapi penjualannya akan lebih dari satu juta unit dalam sekitar dua bulan.

Sebagai perbandingan, tablet Google Nexus 7, yang mulai dipasarkan pada Juni, memulai debutnya dengan penjualan 500 ribu unit sebulan dan sekarang sudah mendekati sejuta unit per bulan.

Nexus 7 dengan harga entry-level (versi terendahnya) 199 dolar AS, sedangkan tablet Surface RT yang menjalankan versi terbatas Windows 8 dijual mulai 499 dolar.

Pemimpin pasar, Apple, telah menjual 14 juta unit iPad pada kuartal ketiga, kata CNET.

Surface RT dijual melalui saluran penjualan yang relatif terbatas melalui toko fisik. Dijual hanya melalui 31 toko Microsoft dan 34 toko kecil khusus liburan.

Surface RT juga dipasarkan melalui toko online Microsoft di delapan negara termasuk Australia, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, Hong Kong, Inggris, dan Amerika Serikat.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012