Kalau di seluruh dunia, setiap tahun yang meninggal dunia di atas 1.000 orang TKI,"
Batam (ANTARA News) - Badan Nasional Penempatan dan Penanggulangan Tenaga Kerja Indonesia mencatat jumlah tenaga kerja Indonesia yang meninggal dunia di luar negeri setiap tahun lebih dari 1.000 orang.

"Kalau di seluruh dunia, setiap tahun yang meninggal dunia di atas 1.000 orang TKI," kata Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat di Batam, Rabu.

Ia mengatakan TKI yang meninggal semua diurus dan dilayani dalam proses pemulangan oleh petugas BNP2TKI baik ilegal maupun legal.

"Semua diurus pemulangannya dan semua dibayarkan asuransinya," kata Jumhur.

Jumhur mengatakan pada beberapa kasus TKI yang meninggal karena ditembak, membunuh atau terkena kasus rata-rata masuk tidak resmi.

"Mereka tidak berkoordinasi dan akhirnya terpengaruh untuk melakukan kejahatan," kata dia.

Ia mengatakan, dari laporan yang diterima Krisis Centre ada sekitar enam ribuan TKI bermasalah diseluruh dunia.

"Kami ingin mengantisipasi itu, jangan sampai semakin banyak TKI berkasus diluar negeri," kata Jumhur.

BNP2TKI, kata dia, akan memperkuat koordinasi dengan wilayah-wilayah perbatasan agar semua TKI keluar secara resmi dan memenuhi seluruh persyaratan.

"Hari ini kami mengumpulkan semua instansi yang bertugas diperbatasan pada hari ini untuk melakukan koordinasi. Tujuannya menekan TKI ilegal," kata dia.

Jumhur mengatakan pada 2012 ada sekitar 250 ribu TKI non Penata Laksana Rumah Tangga yang ditempatkan pada berbagai negara.

(KR-LNO/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012