Berbagai perubahan dan revisi terhadap perencanaan yang sudah ditetapkan hendaknya juga dilakukan dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku,"
Surabaya (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno secara resmi menutup Apel Komandan Satuan TNI AL di Gedung Moeljadi, Kobangdikal, Surabaya, Jumat.

Acara penutupan dihadiri para petinggi Mabes TNI AL, antara lain Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Marsetio dan asisten KSAL, Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, dan Gubernur AAL Laksda TNI Hary Setianegara.

Apel Komandan Satuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, diikuti 638 peserta yang terdiri para perwira tinggi struktural dan nonstruktural TNI AL, komandan bataliyon, komandan kapal perang (KRI), Komandan Lanal, kepala satuan kerja dan asisten Kotama serta Lantamal.

Menurut KSAL, pelaksanaan Apel Komandan Satuan merupakan evaluasi mengenai program kegiatan TNI AL pada tahun berjalan dari masing-masing bidang, guna terwujudnya pemahaman dan persamaan persepsi di seluruh jajaran.

Evaluasi tersebut meliputi kemajuan penyelesaian wilayah perbatasan, penanganan media masa dan validasi organisasi dengan harapan mampu menjadi tolok ukur dari konsistensi tingkat keberhasilan implementasi pembangunan yang sudah direncanakan.

"Dari dokumen perencanaan yang sudah disusun hendaknya bisa dipedomani dan menjadi `guide line` dalam pelaksanaan pembangunan untuk menuju `Minimum Essential Force` sesuai Renstra TNI AL 2010--2014," katanya.

Laksamana Soeparno menambahkan, membangun postur TNI AL yang handal dan disegani tidaklah mudah dan memerlukan waktu bertahap, karena hal itu terkait dengan dampak dinamika lingkungan strategis yang sulit diprediksi dan semakin komplek.

"Berbagai perubahan dan revisi terhadap perencanaan yang sudah ditetapkan hendaknya juga dilakukan dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku, serta disesuaikan dengan kemampuan negara dalam penyiapan anggaran," tambahnya.

Pada kesempatan itu, KSAL kembali mengingatkan seluruh staf dan jajaran TNI AL untuk selalu konsisten dan fokus pada rencana yang telah ditetapkan.***1***



(T.D010/B/M008/M008) 07-12-2012 19:44:06

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012