Mataram (ANTARA News) - Mendikbud Mohammad Nuh mengingatkan masyarakat bahwa sejumlah negara asing akan terus merebut dan mengklaim budaya Indonesia jika bangsa ini tidak mau melestarikannya.

"Bangsa-bangsa lain akan terus mengklaim budaya Indonesia, jika bangsa Indonesia tidak mau melestarikannya," kata Mohammad Nuh kepada pers, di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat malam.

Mendikbud berada di Mataram untuk meresmikan Pagelaran Tari Nusantara yang diselenggarakan pada 7-8 Desember 2012.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan datang ke Mataram pada 17 Desember 2012 untuk memimpin upacara peringatan Hari Tari Nusantara.

Ia mengatakan, budaya nasional Indonesia sama sekali tidak kalah kualitasnya dari budaya-budaya lainnya. Karena itu, kata dia, bangsa Indonesia harus melestarikannya agar tidak diklaim oleh negara lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Mendikbud tidak menyebutkan negara yang terus berusaha mengklaim budaya nasional sebagai budaya mereka. Namun, ada negara tetangga yang selama ini selalu berusaha mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka.

Di hadapan ribuan warga Kota Mataram yang hadir pada pembukaan Pagelaran Tari Nusantara, Mohammad Nuh juga menyatakan rasa keprihatinannya terhadap kehidupan seniman Indonesia yang dari sisi ekonomis prihatin.

"Terus terang saya prihatin karena banyak seniman yang terlantar," katanya.

Menurut Nuh, pemerintah akan terus berusaha membantu para seniman, sehingga kesejahteraannya dapat meningkat.

Mantan Rektor Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) ini juga mengharapkan, kehidupan para seniman semakin baik, karena masyarakat beranggapan profesi seniman sama martabatnya dengan profesi lainnya.

Mohammad Nuh dijadwalkan akan menyampaikan ceramah di hadapan sivitas akademika Universitas Mataram untuk menjelaskan rencana kurikulum tahun 2013, karena menilai kurikulum sebelumnya sudah sudah kurang layak.

(R024*A011/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012