Anak-anak gampang keluar, pulangnya kita juga tidak tahu jam berapa. Meskipun jadwal latihan sesuai, tetapi motivasi dan fokus mereka jadi kurang."
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Richard Mainaky, berharap kepengurusan baru di bawah kepemimpinan Gita Wirjawan dapat membenahi kedisiplinan atlet pelatnas yang dinilainya masih buruk.

"Disiplin di sana (Pelatnas, red) sangat ambruk. Itu yang pertama harus dibenahi," kata Richard saat ditanya komentarnya terkait pelantikan pengurus PB PBSI periode 2012-2016, Senin.

Disela-sela acara persemian Taufik Hidayat Arena yang terletak di Ciracas, Jakarta Timur itu, Richard menyampaikan atlet pelatnas bulu tangkis begitu mudah keluar asrama meskipun sudah lewat dari jam yang ditentukan. Hal itu berdampak saat mereka latihan, yang menurut Richard menjadi kurang termotivasi dan kurang fokus.

"Anak-anak gampang keluar, pulangnya kita juga tidak tahu jam berapa. Meskipun jadwal latihan sesuai, tetapi motivasi dan fokus mereka jadi kurang," ujar kakak dari mantan pebulutangkis nasional, Rexy Mainaky. Pelatih yang menggembleng ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir itu menambahkan penurunan disiplin atlet tersebut terjadi setelah era pebulutangkis Nova Widianto yang pernah berjaya saat berpasangan dengan Lilyana.

"Sebelumnya di zaman Taufik dan Nova masih disiplin. Sekarang atlet harus disuruh dan diberi perintah," lanjutnya.

Kepengurusan PB PBSI periode 2012-2016 dibawah pimpinan Gita Wirjawan rencananya akan dilantik pada Jumat (14/12) mendatang di kantor Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta.

Sebelumnya, pelantikan pengurus PBSI sempat tertunda karena masih dalam proses persidangan terkait gugatan Icuk Sugiarto. Namun, pelantikan akhirnya dapat segera dilaksanakan menyusul keputusan BAORI yakni tidak menerima gugatan yang diajukan Icuk Sugiarto karena dinilai kurangnya pihak tergugat pada Rabu (5/12) lalu.

Richard sendiri mengaku optimistis prestasi bulu tangkis Indonesia dapat lebih maju karena dalam kepengurusan yang baru terdapat mantan-mantan atlet yang akan turun tangan seperti Rexi Mainaky, Susi Susanti, dan Ricky Subagja. "Jauh lebih optimis karena akan nyambung kalau bicara bulu tangkis," katanya.
(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012