Jakarta (ANTARA News) - Fotografer LKBN ANTARA Biro Bali I Nyoman Budhiana meraih gelar juara I Lomba Foto Cagar Budaya Tak Benda dalam Kearifan Lokal yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba fotografi dilaksanakan Oleh Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Surya Helmi di Galeri Nasional Jakarta, Selasa.

Foto berjudul "Pancuran Tirta Empul" karya Budhiana menjadi foto terbaik kategori jurnalistik pada lomba itu.

Sedangkan juara 1 untuk kategori umum diraih oleh Rafly Rinaldy.

Surya Helmi dalam sambutannya mengatakan foto-foto yang diterima sungguh luar biasa dan mencerminkan kekayaan cagar budaya di Indonesia.

Lomba dan pameran fotografi cagar budaya juga dimaksud agar dapat memetik nilai-nilai luhur dari kearifan lokal yang terkandung dalam cagar budaya Indonesian, katanya.

"Cagar budaya perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan sesuai dengan amanat UU No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya", katanya.

Pameran fotografi yang berlangsung selama 9 hari, yaitu 11-20 Desember 2012 di Galeri Nasional, Jakarta.

Foto yang dipamerkan merupakan karya para Jurnalis dan masyarakat umum yang mengikuti lomba foto Cagar Budaya yang berlangsung sejak 1--30 November 2012 lalu.

Lomba fotografi ini diikuti 881 peserta yang terdiri dari kalangan wartawan dan masyarakat umum. Secara keseluruhan terkumpul 2.648 foto.

Berdasarkan keputusan dewan juri, telah ditentukan lima orang pemenang dari katagori umum dan katagori jurnalis.

Dewan juri terdiri atas Enny Nurahenni (Chief Editor Reuters Foto), Hermanus Prihatna (Editor Foto LKBN Antara), Farid Gaban (Wartawan Senior), Dr Ali Akbar (Arkelog UI) dan Tirto Andayanto (Antropolog/Fotografer).

Seluruh foto yang menang maupun yang mengikuti peserta terbaik diikutkan dalam pameran di Galeri Nasional, Jakarta.
(Z003/A013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012