Jakarta (ANTARA News) - Gita Wirjawan, Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2012-2016 yang baru resmi dilantik, mengatakan akan fokus pada pembinaan prestasi untuk mendongkrak kejayaan bulu tangkis Indonesia.

"Pembinaan prestasi itu yang sangat harus digarisbawahi. Hal itu tidak bisa diinterfensi," kata Gita yang ditemui usai upacara pelantikan di kantor pelatnas PBSI, di Cipayung, Jakarta timur, Jumat.

Menurut Gita segala aspek yang terkait harus mendukung kebutuhan yang dapat mendorong pembinaan prestasi.

"Semua harus dukung pembinaan butuhnya apa. Saya percayakan pada Rexy untuk susun program," lanjut Gita yang juga menerapkan sport science yang diserahkan kepada Basri Yusuf sebagai Ketua Bidang Pengembangan.

Rexy sendiri yang sebelumnya menjadi pelatih di Filipina tidak dapat menghadiri pelantikan karena baru tiba di Indonesia pekan depan.

Gita mengatakan pihak PBSI tidak perlu membayar penalti atas Rexy yang masih terikat kontrak di Filipina. "Tidak ada penalti, kompensasinya hanya mencarikan pelatih baru," ujar Gita yang juga menjabat Menteri Perdagangan itu.

Terkait dua jabatan yang sekarang ia sandang, Gita mengaku hal tersebut tidak menjadi halangan dan akan selalu berusaha komitmen atas tanggungjawabnya. Untuk urusan PBSI, ia mengaku sudah menyusun perangkat tim yang berkualitas.

"Saya percaya dengan perangkat tim yang ada pada susunan pengurus yang sudah saya bentuk. Jadi saya tidak perlu 24 jam di sini," jelasnya.

Gita merencanakan akan menggelar rapat bersama setelah kedatangan Rexy untuk merancang rencana aksi yang akan diterapkan mulai tahun depan termasuk soal dana dan pembinaan. Ia juga berniat untuk meningkat kesejahteraan baik pemain dan pelatih yang disesuaikan dengan kinerja masing-masing.

"Jangan yang lebih dikasih sama dengan yang biasa saja. Kami terapkan sistem bonus kalau mereka meraih sebuah prestasi," tambahnya.

Harapan atlet Lewat kepengurusan yang baru ini, beberapa atlet menyampaikan harapannya agar pengurus di bawah pimpinan Gita Wirjawan dapat membawa bulu tangkis Indonesia jauh lebih baik seperti yang diungkapkan oleh pemain spesialis ganda putri, Greysia Polii.

"Harapan kami pastinya yang terbaik dengan kepengurusan baru ini semoga ada suasana dan prestasi baru. Yang kemarin kita lewati bisa jadi pelajaran dan cambuk buat kita untuk lebih berprestasi," ungkap Greysia.

Greysia juga menyambut positif kehadiran mantan petenis nasional Indonesia yang akan terjun langsung membimbing dia dan teman-temannya seperti Susy Susanti, Ricky Soebagja, dan Rexy Mainaky.

"Dengan ada mereka kesehariannya akan bisa nyambung dengan kami. Jadi kami masih punya idola yang benar-benar belum mati dan mereka yang bimbing kita.

Semoga mereka bisa transfer ilmu yang mereka punya," tambah Greysia yang berpasangan dengan Meiliana Jauhari.

Hal senada disampaikan pemain spesialis ganda campuran, Shendy Puspa Irawati. Tidak hanya berharap agar prestasi bulu tangkis semakin meningkat, Shendy juga berharap ada regenerasi yang tidak putus.

"Semoga memberi kesempatan pada junior untuk terus berprestasi," ujar Shendy yang biasa berpasangan dengan Fran Kurniawan Teng.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012