Saya mohon maaf kepada masyarakat jika ada perilaku kader yang oleh rakyat Indonesia dipandang tidak baik"
Sentul, Bogor (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan Partai Demokrat harus siap menghadapi Pemilihan Umum 2014 dengan konsolidasi dan pemantapan langkah bersama demi memenangkannya.

"Khusus menghadapi pemilu 2014, harapan saya dan ajakan saya adalah mari kita lakukan lagi langkah pemenangan pemilu seperti yang kita lakukan pada 2004 dan 2009," kata SBY saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Ulang Tahun ke-11 Partai Demokrat di Sentul Convention Centre (SCC), Bogor, Sabtu Malam.

Dia melanjutkan, "Kita berhasil dalam kedua pemilu itu karena perencanaan, persiapan dan pelaksanaan yang baik disertai kekompakan dan kerja keras. Itu yang kita lakukan dulu, tidak ada resep ajaib dan tidak didapatkan secara gratis." 

Yudhoyono menjelaskan, kesempatan memenangi pemilu adalah kehormatan bagi partai karena dengan memenangkan pemilu maka terbuka peluang membangun bangsa dan negara serta mendorong kesejahteraan masyarakat, namun kemenangan itu harus ditempuh dengan cara yang beretika dan santun.

"Mari kita capai melalui politik yang baik dan beretika serta tidak menghalalkan segala cara, kira harus gigih dalam kompetisi pemilu mendatang namun tetap dengan cara yang baik," kata Yudhoyono.

Ia mengingatkan memenangi pemilu tidaklah mudah karena harus bisa memahami keinginan rakyat akan kesejahteraan dan kemajuan di semua bidang kehidupan.

Ketua Dewan Pembina Partai ini berterima kasih atas peran serta dan kerja keras seluruh komponen partainya dalam mendukung program pemerintah dan menjadi garda terdepan partai politik yang mengamankan program pemerintah sesuai dengan kesepakatan koalisi partai politik pendukung pemerintah.

"Saya bangga dan terima kasih pada Partai Demokrat yang berdiri di depan dan gigih mendukung program pemerintah, sesuai etika politik dan nota kesepakaan koalisi partai politik pendukung pemerintah.

Saya bangga dan senang serta berterima kasih karena Partai Demokrat berdiri di depan. Itu pembelajaran politik, anak cucu kita akan bangga karena Demokrat jalankan etika politik. Kepada seluruh rakyat Indonesia kami minta doa restu agar demokrat bisa berbuat lebih baik lagi," tegasnya.

Yudhoyono, atas nama Partai Demokrat, juga meminta maaf kepada masyarakat Indonesia apabila ada perilaku anggota partai yang dianggap tidak baik.

"Saya mohon maaf kepada masyarakat jika ada perilaku kader yang oleh rakyat Indonesia dipandang tidak baik, saya mohon maaf. Akhirnya pada segenap komponan bangsa dan partai politik mari kita jaga hubungan baik untuk memajukan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai," tegasnya.

(M041*P008)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012