Jalan adalah urat nadi kemajuan di segala bidang...
Tenggarong (ANTARA News) - Dua tahun lagi, jalan darat di Kutai Kartanegara (Kukar) di usahakan akan saling terhubung sehingga membuka akses 18 kecamatan di Kukar. Hal tersebut disampaikan Bupati Kukar Rita Widyasari pada acara rapat koordinasi evaluasi pembangunan Kaltim, Kamis minggu lalu (15/12) yang dihadiri kepala daerah se Kaltim.

Menurut Rita, upaya pembangunan infstruktur terutama jalan merupakan hal utama dalam target  atau visi pembangunannya. Pasalnya, saat ini belum seluruh kecamatan di Kukar bisa dengan mudah di akses dengan
jalan darat, karena wilayah Kukar terbilang luas dengan kondisi geogrfis yang beragam, diantaranya rawa dan dataran rendah berair.

"Jadi jika ditanya apa target utama pembangunan kami, saya akan menjawab pertama adalah infstruktur, yang kedua infastruktur, dan ketiga infrastruktur," ujarnya dihadapan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Mengapa infrastruktur?  Menurut Rita karena tiada artinya jika sekolah yang bagus, rumah sakit baru, maupun pembangunan pemberdayaan masyarakat yang baik tanpa adanya infratsruktur jalan termasuk jembatan yang memadai.

Adapun jalan yang akan dituntaskan yaitu diantaranya memfungsikan jembatan Pela Kota Bangun, pembangunan jembatan Tenggarong dan Loa Kulu, peningkatan jalan jongkang menuju jalan Jakarta (Samarinda), pembangunan jalan Tenggarong-Loa Kulu-Loa janan tembus ke Free way.

Kemudian jalan penghubung Kota Bangun sampai Tabang yaitu pembangunan jalan pendekat jembatan Ing Martadipura dan jalan poros menuju Sebelimbingan, peningkatan jalan Tuanatuha-Sebelimbingan, betonisasi jalan Hambau-Loa Sakoh-Genting Tanah, serta pembangunan jalan Kelekat menuju Tabang. Selain itu juga direncanakan pembangunan jalan penghubung antar Kukar dengan Kutai Barat.

Kemudian Peningkatan Jalan Lebak Mantan – Puandana – Kuyung Seberang dan 2 Buah Jembatan Kec. Muara Muntai, Pembangunan Jalan Teratak – Muara Kaman, Peningkatan Jalan Teluk Dalam L2 – Tanah Datar Muara
Badak, Peningkatan Jalan Muara Badak – Anggana, Peningkatan Jalan Poros Muara Badak – Marang Kayu, Peningkatan Jalan Akses Menuju Jembatan Kutai Lama, dan Pembangunan Jalan Akses dari Pelabuhan Kuala
Samboja Desa Amborawang – Jalan Poros Balikpapan – Samboja.

"Jalan adalah urat nadi kemajuan di segala bidang, Jadi kami mengusahakan 2014 jalan-jalan tersebut akan selesai, sehinga memudahkan akses yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.
   
Selain jalan, Pemkab Kukar kedepan juga akan membangun infstruktur lainnya diantaranya yaitu, Pembangunan Pelabuhan Samboja, Pembangunan Pelabuhan Terpadu Kota Bangun, rencana Pembangunan Pelabuhan Sebulu
serta Pengembangan Kawasan Dermaga Anggana dan Sanga-Sanga. Tak ketinggalan, dibidang  pariwisata Pemkab juga akan mengembangkan waduk panji sukarame, irigasi serta pengendalian banjir dibeberapa kecamatan, infastruktur pendidikan, instruktur air bersih, infstruktrur listrik, telekomunikasi serta normalisasi alur sungai Anggana dan Dondang. (ADV)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2012