Di sisi program, Rahmat Effendi memiliki program konkret yang dirasakan langsung masyarakat. Yakni Kartu Bekasi Sehat (KBS) bagi warga kurang mampu. Program inilah, salah satu yang menjadikan Rahmat populis di mata warga Kota Bekasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Keunggulan pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (PAS) dalam hitung cepat (quick qount) oleh Indo Survey & Strategy di Pilkada kota Bekasi, Minggu, dinilai karena pasangan petahana itu dalam programnya populis dan pro rakyat.

Direktur Eksekutif Indo Survey & Strategy Hendrasmo dalam keterangan tertulisnya, Senin, mengatakan, selain karena didukung oleh partai besar seperti Golkar, PKS, Hanura dan PKB, keunggulan pasangan petahana itu karena dikenal memiliki massa loyal.

"Di sisi program, Rahmat Effendi memiliki program konkret yang dirasakan langsung masyarakat. Yakni Kartu Bekasi Sehat (KBS) bagi warga kurang mampu. Program inilah, salah satu yang menjadikan Rahmat populis di mata warga Kota Bekasi," kata Hendrasmo.

Perhitungan cepat (quick count) Indo Survey & Strategy (ISS) terkait hasil suara di Pilkada Kota Bekasi, pada Minggu (16/12) yaitu pasangan nomor urut 4 Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (PAS) berhasil unggul dari pasangan lain, dengan jumlah suara 42.28 persen.

Urutan kedua, pasangan nomor urut 3 Dadang Mulyadi–Lucky Hakim (Dalu) mendapat 26.33 persen; urutan ketiga pasangan Sumiyati Mochtar Mohamad-Anim Imamudin (SM2) meraih 17.61 persen; urutan keempat pasangan Asmawi-Andi Zabidi (Azib) memperoleh 7.34 persen, urutan kelima pasangan Shalih Mangara Sitompul-Anwar Anshori Mahdum (Salam) mendapat 6.44 persen.

Hasil tersebut berdasarkan data yang masuk sebesar 99.50 persen ke pusat data Indo Survey & Strategy dengan tingkat partisipasi pemilih 49 persen.

"Hasil tersebut, sesuai prediksi Indo Survey sebelumnya yang menyatakan pasangan incumbent Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (PAS) akan unggul dari pasangan lain." kata Hendrasmo.

Hendrasmo menyatakan hasil quick count yang dilakukan pihaknya telah menunjukkan kemenangan diraih oleh pasangan petahana (incumbent). ”Meski tetap menunggu hasil resmi KPUD Kota Bekasi, tapi dari quick count ini sudah terlihat bahwa pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (PAS) muncul sebagai pemenang,” katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012