Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyosialisasikan kabupaten itu sehat tahun 2015 dengan memperhatikan sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit pada pembukaan sosialisasi itu di Painan, Selasa mengatakan, pengembangan kabupaten/kota sehat merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan tujuan pembangunan millineum 2015.

Dalam pengembangannya pemkab setempat menekankan pada tatanan kawasan dengan memperhatikan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya.

"Konsep Kabupaten/Kota Sehat tidak hanya terfokus kepada pelayanan kesehatan pada kondisi sehat dan masalah sakit semata, namun lebih ditekankan pada pendekatan kepada masyarakat dan mengutamakan aspek yang mempergaruhi kesehatan masyarakat," ujar dia.

Melihat perkembangan fakta yang ada lingkungan, fisik, sosial, ekonomi dan budaya berada pada kondisi yang rawan. Apabila kondisi itu tidak dikendalikan maka ketahanan daya dukung daerah maupun perkotaan tidak mampu menerima beban permasalahan tersebut.

Dengan sendirinya kata ia, akan berdampak kepada kesehatan masyarakat, padahal sebagian besar penyebab penyakit dan kematian dipengaruhi oleh lingkungan.

Dari survei kesehatan rumah tangga yang dilakukan pada tahun 1986 penyebab utama kematian adalah penyakit infeksi, sedangkan hasil survei pada 2001 telah bergeser, lebih 26 persen mangatakan penyebab penyakit yakni oleh penyakit sirkulasi darah.

Maka itu langkah antisipasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik dan sosial kabupaten/kota sudah saatnya dilakukan. Upaya tersebut bukan hanya menjadi tangungjawab pemerintah semata namun semua pihak.

"Kabupaten Pesisir Selatan yang masih berorientasi pada permasalahan perilaku, sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan sosial, prasarana penunjang, ketersediaan pangan dan jaminan maka secara bertahap akan mengikuti permasalahan yang akan timbul dengan sendirinya, " kata dia.

Menurut ia, untuk mengantisipasi permasalahan tersebut tentunya tidak mudah, meskipun wilayah kabupaten itu memiliki sumber daya dan potensi yang dapat diberdayakan secara maksimal.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta agar mampu melaksanakan program kabupaten itu sehat, mulai tingkat kabupaten hingga tingkat nagari (Desa Adat).
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012