Aksi ini digelar dengan tujuan mencegah terjadinya kemacetan panjang lalu lintas yang sering sekali terjadi setiap perayaan malam pergantian tahun di Jakarta,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar aksi Malam Bebas Kendaraan atau "Car Free Night" dalam rangka menyambut tahun baru 2013.

"Aksi ini digelar dengan tujuan mencegah terjadinya kemacetan panjang lalu lintas yang sering sekali terjadi setiap perayaan malam pergantian tahun di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Jokowi menuturkan kesepakatan tersebut dihasilkan setelah sebelumnya mengadakan pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

"Dari pertemuan tersebut, kami sama-sama menginginkan agar pada malam perayaan pergantian tahun, tidak ada kendaraan bermotor yang beroperasi, sehingga jalanan juga jadi lebih lancar," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, bagi masyarakat yang berencana merayakan malam tahun baru dapat berjalan kaki mulai dari Sudirman hingga Medan Merdeka Barat, atau kurang lebih sepanjang tujuh kilometer.

"Pada malam tahun baru nanti, dari Sudirman sampai Medan Merdeka Barat, tidak boleh ada warga yang menggunakan kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor. Semuanya harus berjalan kaki," kata Jokowi.

Akan tetapi, sambung Jokowi, terkait teknis pelaksanaan Car Free Night tersebut belum diputuskan, karena masih harus ada pembahasan lebih lanjut.

"Teknis pelaksanaannya masih dibicarakan. Rencananya, nanti di sepanjang jalan yang diberlakukan Car Free Night akan terdapat karnaval dan panggung-panggung hiburan," tutur Jokowi.

Jokowi menambahkan Car Free Night akan diberlakukan pada Senin, 31 Desember 2012, mulai dari pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB dinihari dan diterapkan di sejumlah ruas jalan protokol DKI Jakarta, yakni Jalan Sudirman- Jalan Thamrin - Jalan Medan Merdeka Barat.

(R027/Z003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012