Adapun jumlah warga yang akan mendapatkan kartu sehat sebagai jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu sebanyak 27.399 orang,"
Kudus (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan anggaran pada tahun 2013 untuk mendukung program kartu sehat bagi warga miskin setempat sebesar Rp2,7 miliar.

"Adapun jumlah warga yang akan mendapatkan kartu sehat sebagai jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu sebanyak 27.399 orang," kata Kasi Kasi Pembiayaan dan Jamkesmas pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mustianik, di Kudus, Rabu.

Ia mengatakan, usulan anggaran sebesar Rp2,7 miliar itu, sama dengan anggaran tahun 2012 yang mencapai Rp2,7 miliar.

Dana sebesar itu, berasal dari APBD murni 2012 sebesar Rp2 miliar, kemudian ditambah Rp700 juta pada APBD Perubahan 2012.

Alokasi anggaran sebesar Rp2,7 miliar, katanya, sudah habis terserap.

Meski demikian, lanjut dia, pelayanan kesehatan terhadap warga miskin tetap dilayani, karena tagihannya akan dibayarkan lewat anggaran tahun 2013.

Sebelum kartu sehat tersebut didistribusikan, katanya, akan dilakukan verifikasi ulang yang akan dilakukan tim penanggulangan kemiskinan Pemkab Kudus.

"Penerima kartu sehat, merupakan warga yang belum mendapatkan jaminan kesehatan lewat program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas)," ujarnya.

Peluncuran kartu sehat, katanya, sudah dilakukan pekan sebelumnya oleh Bupati Kudus Musthofa secara simbolis menyerahkan empat kartu sehat kepada warga miskin di Kudus.

Dengan adanya kartu sehat, katanya, masyarakat tidak perlu repot-repot mengurus sejumlah persyaratan administrasi, seperti halnya program Jamkesda.

"Masyarakat cukup menunjukkan kartu sehat agar mendapatkan pelayanan secara gratis di penyedia pelayanan kesehatan yang ditunjuk," ujarnya.

Setiap pemegang kartu sehat, akan mendapatkan layanan kesehatan di tingkat Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudus hingga Rumah Sakit Kariadi Semarang serta Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Amino Gondo Hutomo Semarang.
(KR-AN/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012