Jakarta (ANTARA News) - Oracle Corp sepakat membeli Eloqua Inc, perusahaan pembuat software pemasaran berbasis-web, dengan harga sekitar 810 juta dolar, sebagai upaya mengembangkan layanan komputasi awannya.

Eloqua membuat perangkat lunak untuk membantu pebisnis memprediksi dan meningkatkan pendapatan melalui monitoring pemasaran dan inisiatif penjualan, menurut Reuters dalam laporannya, Kamis.

Pelanggan Eloqua di antaranya AON Plc, Dow Jones, Automatic Data Processing Inc, Polycom Inc, dan National Instruments Corp.

Oracle, yang terlambat masuk ke bisnis komputasi awan, mencoba menjadi "a one-stop shop" untuk sistem operasi, databases, program komputer, dan infrastruktur terkait Web.

"Akuisisi Eloqua akan menambahkan keunggulan solusi otomasi pasar untuk produk-produk otomasi....Oracle dan solusi otomasi call center RightNow yang baru saja diakuisisi," kata perusahaan analis Nomora Equity Research dalam catatan kajiannya.

Oracle membeli RightNow Technologies tahun lalu dengan harga 1,5 miliar dolar, mewarnai sejumlah akuisisi lainnya dalam pasar komputasi awan termasuk akuisisi Kenexa oleh IBM dan pembelian SuccessFactors oleh SAP AG.

Oracle, yang selama ini menawarkan produk-produk software instalasi, kemudian membeli Taleo, sebuah perusahaan perangkat lunak human resources berbasis-cloud.

(*) 

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012