Kamis, 27 November 2014

Saham Wall Street naik ditengah pertempuran fiscal cliff

| 2.793 Views
id indeks bursa wall street, harga saham wall street
New York (ANTARA News) - Saham-saham bursa Wall Street berayun lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena pasar tampak menunjukkan optimisme tentang kesepakatan di Washington seputar kebijakan fiscal cliff yang masih diperdebatkan.

Indeks Dow Jones Industrial Average mengakhiri sesi dengan naik 59,75 poin atau 0,45 persen menjadi 13.311,72.

Pasar lebih luas S&P 500 ditutup naik 7,88 poin atau 0,55 persen pada 1.443,69, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 6,03 poin atau 0,20 persen menjadi 3.050,39.

Dengan batas waktu akhir tahun semakin dekat, Washington terus berselisih tentang apa yang disebut jurang fiskal, sebuah kombinasi kenaikan pajak dan pemotongan belanja, yang jika tidak ada kompromi politik, bisa membawa ekonomi terbesar di dunia itu ke dalam resesi.

Namun, pedagang tampaknya masih melihat prospek kesepakatan.

"Sentimen adalah bahwa jika kedua belah pihak telah memberikan sedikit, masih ada ruang di tengah untuk bertemu dan ada waktu untuk melakukannya sebelum akhir tahun," kata analis Art Hogan dari Lazard Capital Markets.

"Pasar ini telah mengartikan kita akan mendapatkan sesuatu yang dicapai dari Washington dan itulah sebabnya kami memiliki reli pada akhir hari ini."

Investor juga tampaknya didukung oleh serangkaian data ekonomi yang positif, termasuk revisi naik menjadi 3,1 persen pertumbuhan produk domestik bruto kuartal ketiga dan lonjakan penjualan "existing homes" ke tingkat tertinggi tiga tahun.

Saham dalam fokus termasuk NYSE Euronext, yang melonjak 34,1 persen karena dikatakan bahwa IntercontinentalExchange (ICE) akan membelinya seharga 8,2 miliar dolar AS dalam sebuah kesepakatan

yang akan dibuat operator pasar terbesar di dunia itu. ICE naik 1,4 persen.

Oracle turun 0,44 persen setelah mengumumkan akan membeli sebuah perusahaan perangkat lunak Eloqua. Kesepakatan ini diharapkan selesai pada paruh pertama 2013. Eloqua naik 32 persen.

Google naik tipis 0,31 persen. Pada Rabu malam, raksasa teknologi ini mengumumkan penjualan unit Motorola Mobility Home kepada perusahaan teknologi komunikasi global Arris dalam kesepakatan tunai dan saham senilai 2,35 miliar dolar AS. Arris naik 3,6 persen.

Harga obligasi tetap stabil. Imbal hasil obligasi 10-tahun AS bertahan di 1,80 persen, sedangkan pada obligasi 30-tahun tetap tidak berubah pada 2,98 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik, demikian dilaporkan AFP.

(SYS/A026)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga