Saat ini RSCM tengah merawat bayi berusia delapan bulan karena mengindap kanker serviks"
Pekanbaru (ANTARA News) - Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM), Jakarta, dikabarkan tengah merawat seorang bayi berusia sekitar delapan bulan yang terdeteksi mengidap kanker serviks.

"Saat ini RSCM tengah merawat bayi berusia delapan bulan karena mengindap kanker serviks," kata Ketua Umum Gerakan Anti Kanker Serviks Indonesia (GAKSI), Asep Rachmatullah, dalam acara Seminar Nasional Kanker Serviks bertema "Perangi Kanker Serviks Pembunuh Wanita" di Pekanbaru, Sabtu.

Kondisi bayi tersebut diakui dalam kondisi membutuhkan perawatan intensif dari tim medis, karena menurut dia, peristiwa ini merupakan hal yang langka atau jarang terjadi.

Kanker serviks, demikian Asep, sangat jarang menghinggapi bayi. Peristiwa demikian tentunya menimbulkan menjadi ketakutan tersendiri sehingga layak diantisipasi dengan ragam cara dan kiat.

Ia menguraikan, pada periode tahun 1997-1998 saja, RSCM telah merawat pasien kanker serviks sebanyak 452 orang dengan kalkulasi umur yang beragam mulai dari kalangan wanita berumur 25 sampai 75 tahun. Namun jumlah terbanyak diderita wanita berumur 35 hingga 44 tahun yang mencapai 155.

"Kondisi demikian merupakan hal yang harus diantisipasi karena begitu banyaknya wanita Indonesia yang ternyata mengidap kanker serviks," katanya.

(KR-FZR)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012