Festival Kuwung merupakan festival paling tua di Banyuwangi, namun tahun ini kita buat beda dengan perbaikan manajemen penampilannya, sehingga terlihat apik,"
Banyuwangi (ANTARA News) - Festival Kuwung yang digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, menyajikan kesenian dan budaya masyarakat kabupaten setempat yang dikemas secara kolosal dan menarik.

Diawali dengan penampilan ritual adat Seblang Olehsari yang diperagakan oleh para gadis muda yang menggambarkan tonggak sejarah Gandrung, kemudian diikuti ratusan penari gandrung dan berbagai atraksi adat lainnya seperti adat budaya kebo-keboan dan upacara kemanten Using.

"Festival Kuwung merupakan festival paling tua di Banyuwangi, namun tahun ini kita buat beda dengan perbaikan manajemen penampilannya, sehingga terlihat apik," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat memberangkatkan peserta Festival Kuwung.

Festival Kuwung tahun ini memang beda dari festival sebelumnya karena ada duta seni dari kabupaten tetangga dan para defile lokal dikemas apik yang disesuaikan dengan keunggulan wilayah masing-masing daerah.

Selain kesenian gandrung dan seblang, ada fragmen sejarah yang mengambil judul "Mendung Langit Kedawung" yang menceritakan tentang legenda Kerajaan Macan Putih dengan rajanya yang bernama Prabu Tawangalun.

"Selain menghidupkan kesenian, Festival Kuwung juga diharapkan bisa menarik wisatawan mancanegara dan domestik untuk datang ke Banyuwangi," kata Anas yang juga mantan anggota DPR itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Suprayogi mengatakan Festival Kuwung tersebut menampilkan seluruh kesenian, adat istiadat, dan budaya Banyuwangi yang diikuti oleh 1.000 peserta.

"Para peserta melintas di sepanjang "catwalk" sepanjang 2 kilometer dengan rute depan kantor Pemkab Banyuwangi Jalan A. Yani - Jalan PB Soedirman - Jalan Susuit Tubun hingga finish di Gesibu Blambangan," tuturnya.

Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Kuwung sebagai agenda tahunan perayaan Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) dan festival tersebut untuk memamerkan kesenian, budaya, dan adat keaslian Banyuwangi yang dibawakan oleh perwakilan 24 kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi.

Ribuan warga Banyuwangi memadati sepanjang rute yang akan dilalui peserta Festival Kuwung dan mereka antusias menyaksikan festival tersebut hingga selesai.

(ANT-070/E011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012