Palu (ANTARA News) - Provinsi Sulawesi Tengah masih menjadi tempat transmigrasi favorit karena memiliki lahan luas dan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat lokal yang besar.

"Sulawesi Tengah masih menjadi daerah yang menerima banyak transmigran setiap tahun," kata Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah, Basir Tanase, di Palu, Rabu.

Menurut Basir, tahun 2012 pemerintah menargetkan penempatan 920 keluarga transmigran di sembilan lokasi di Sulawesi Tengah, terbanyak di antara belasan provinsi penerima transmigran.

Target penempatan transmigran di Sulawesi Tengah tahun ini lebih tinggi dibandingkan target penempatan transmigran 2011 yang 760 keluarga dengan realisasi 685 keluarga.

Hingga pertengahan Desember 2012, realisasi penempatan transmigran tahun ini sudah mencapai 855 keluarga, kata Basir.

Program transmigrasi mulai dijalankan tahun 1950. Pada Hari Bhakti Transmigrasi ke-62, 12 Desember 2012, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan program transmigrasi merupakan salah satu solusi efektif mengatasi pengangguran.

Program itu, menurut dia, sudah memberikan peluang kerja dan usaha kepada sekitar 2,2 juta keluarga atau sekitar 8,8 juta penduduk miskin dan penganggur.

(R007*S027)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012