...dirawat di unit perawatan intensif
Chicago (ANTARA News) - Setelah lebih dari satu bulan di rumah sakit berjuang melawan bronkhitis, keadaan mantan presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush--alias Bush senior--memburuk dan dalam perawatan intensif karena demam yang parah.

"Ia memiliki serangkaian kemunduran kondisi, dan dirawat di unit perawatan intensif," kata juru bicara Jim McGrath, Kamis.

"Awal pekan lalu terlihat membaik, tetapi kemudian tampak seperti efek domino, mulai jatuh dan itu membuat kami salah menyimpulkan," kata dia.

Mantan presiden berusia 88 tahun tersebut pertama kali dirawat di Rumah Sakit Methodist di Houston pada 7 November untuk pengobatan bronkhitis dan keluar rumah sakit pada 19 November. Namun kembali dirawat 23 November setelah batuknya kambuh.

Awalnya, dokter berharap negarawan senior tersebut berada di rumah untuk merayakan Natal, tapi dia malah memaksa untuk menghabiskan liburan di rumah sakit, dan berkumpul bersama istrinya Barbara, anaknya Neil dan cucunya Pierce.

"Saya tidak mengatakan dia mampu merayakan Natal dalam arti tradisional, keluarga dia bersamanya, dan dia sadar, dia mampu terlibat canda dengan dokter," kata McGrath.

Bush, seorang Republikan, memimpin Gedung Putih sejak 1989 hingga 1993. Ia adalah presiden yang mengirimkan pasukan AS ke Perang Teluk pertama.
(S038)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012