Jakarta (ANTARA News) - Natalie Portman dan Kristen Stewar menjadi aktris paling kata dan menguntungkan bagi pihak studio versi Forbes.com.

Pemenang Academy Award Natalie Portman dinobatkan sebagai aktris paling menghasilkan. Ia menghasilkan keuntungan sebesar 42,70 dolar AS dalam setiap dolar yang ia hasilkan.

Sebagai contoh, "Black Swan", yang membuatnya menyabet Oscar sebagai aktris terbaik, diproduksi dengan biaya 13 juta dolar. Film itu menghasilkan 329 juta di bioskop seluruh dunia.

"Kami perkirakan, setiap dolar yang Portman dapatkan dari studio, dia dapat keuntungan 42,70 dolar. Bandingkan dengan Eddie Murphy, yang dapat 2,30 dolar dalam setiap dolar," menurut Reuters mengutip Forbes.

Bintang "Twilight", Kristen Stewart berada tak jauh di belakang Portman, dengan 40,60 dolar. Ia juga menjadi aktris berpenghasilan paling tinggi versi Forbes dengan penghasilan 34,5 juta dolar di tahun 2012.

"Berkat 'Twilight', Stewart menghasilkan banyakselama tiga tahun terakhir dan juga dapat keuntungan," menurut Forbes.

"Meski dia dibayar 25 juta dolar di dua film terakhir, itu setimpal."

Forbes.com menganalisis gaji, estimasi penghasilan kotor tiap aktor dari tiga tahun terakhir untuk menghitung laba perusahaan. Bintang yang berpenghasilan banyak cenderung bermain di film yang paling menguntungkan.

Dua bintang yang bermain bersama Stewar di "Twilight" juga menjadi investasi yang bagus bagi studio. Robert Pattinson berada di posisi keempat dengan laba 31,70 dolar. Sementara itu, rekannya Taylor Lautner mendapat urutan keenam dengan laba 29,50 dolar setiap dolar.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012