Jakarta (ANTARA News) - Produsen komputer Fujitsu Ltd. berencana meluncurkan ponsel pintar (smartphone) pada 2013 di luar Jepang, yang khusus menyasar pengguna orang-orang usia lanjut.

Perusahaan asal Jepang itu, seperti dilansir The Asahi Shimbun, melihat peluang pasar untuk membuat perangkat ponsel, Raku-Raku, yang mudah digunakan orang tua dengan tampilan gambar mudah dibaca, huruf besar, dan suara nyaring.

Segmentasi itu berbeda dengan Apple Inc. ataupun Samsung Electronics Co. yang justru memproduksi ponsel pintar dengan sasaran konsumen anak muda.

"Ketika pasar Jepang telah mencapai puncaknya, kami harus menjual perangkat ke luar negeri untuk meningkatkan angka penjualan kami," kata Presiden Fujitsu, Masami Yamamoto.

Fujitsu mengharapkan pengapalan perangkat komunikasi genggamnya akan tumbuh dari delapan juta unit pada tahun fiskal 2012 menjadi 10 juta unit pada 2014.

Sebagai bagian dari strategi globalnya, perusahaan yang bermarkas di Tokyo itu akan menjual Raku-Raku di AS dan Eropa setelah melakukan modifikasi untuk tiap pasar.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012