Mitra binaan kami berada di wilayah Jawa Timur terutama Surabaya. Sementara, penyaluran dananya kami berikan setelah melakukan survei dan proses seleksi ketat," kata Deputi General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang T
Surabaya (ANTARA News) - PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak menyalurkan pinjaman lunak melalui dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahap III tahun 2012 senilai Rp1,048 triliun kepada 46 pengusaha kecil yang menjadi mitra binaan mereka.

"Mitra binaan kami berada di wilayah Jawa Timur terutama Surabaya. Sementara, penyaluran dananya kami berikan setelah melakukan survei dan proses seleksi ketat," kata Deputi General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Bambang Hasbullah, di Surabaya, Jumat.

Seleksi ketat itu dilakukan dengan memperhatikan dasar-dasar penilaian 4P dan 5C (Personality, Purpose, Prospect, Payment dan Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition)

Meski pengalokasian pinjaman lunak tersebut merupakan bagian dari "Corporate Social Responsibility", jelas dia, dana yang diberikan ini bukan bersifat bantuan. Tapi, ada kewajiban dari calon mitra binaan agar tidak melupakan kewajibannya mengangsur pinjamannya tepat waktu sesuai perjanjian yang telah disepakati.

"Kami harap semua mitra binaan dapat melakukan bisnis dengan cara yang jujur, disiplin, dan menepati janji dalam pengembalian angsurannya," katanya.

Pada kesempatan sama, Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Wahyu Suparyono, mengimbau para mitra binaan yang telah menerima pinjaman supaya memanfaatkan dananya dengan baik.

"Tolong pada saatnya mengangsur, angsurlah dengan baik. Kami tidak segan mengikutkan para mitra binaan di sejumlah pameran baik dalam negeri maupun luar negeri dengan syarat mereka mampu berbisnis dengan baik, maju, dan kinerja produksinya meningkat," katanya.

Mengenai sasaran penyaluran dana kemitraan tahap III tahun 2012, ujar dia, sesuai wilayah penyalurannya meliputi 14 mitra binaan Surabaya senilai Rp278,5 juta, dua mitra binaan Gresik sebesar Rp55 juta, sembilan mitra binaan Sidoarjo Rp217,5 juta, dan tiga mitra binaan Jombang Rp100 juta.

Selanjutnya, satu mitra binaan Bojonegoro Rp20 juta, satu mitra binaan Blitar Rp30 juta, tiga mitra binaan Tulungagung Rp80 juta, dua mitra binaan Kediri Rp32,5 juta, lima mitra binaan Malang Rp115 juta, empat mitra binaan Ponorogo Rp65 juta, satu mitra binaan Pasuruan Rp20 juta, dan satu mitra binaan Sumenep Rp35 juta.

"Sasaran penyaluran sesuai sektor usaha meliputi 19 mitra binaan di sektor perdagangan senilai Rp416 juta, 12 mitra binaan di sektor jasa Rp247,5 juta, 12 mitra binaan di sektor perindustrian Rp340 juta, dan satu mitra binaan di sektor peternakan Rp5 juta," katanya.

Setelah itu, satu mitra binaan di sektor perkebunan Rp25 juta, dan satu mitra binaan di sektor pertanian Rp15 juta.

"Secara keseluruhan, sejak tahun 2003 hingga saat ini kami telah menyalurkan pinjaman lunak dana kemitraan sejumlah Rp29.627.000.000 kepada 1.359 mitra binaan. Untuk mempermudah proses pembayaran angsuran, kami bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Perak," katanya.

Salah satu perwakilan dari Mitra Binaan dari Ponorogo, Muryono, menyatakan, kesanggupannya untuk mengembalikan dana pinjaman lunak yang diperoleh dari dana PKBL Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Ia meyakini melalui penyaluran dana PKBL ini, PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak dapat membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil.

(ANT-165/I007/E011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012