... Bank of Japan, bukan hanya pemerintah, akan mendukung upaya memperkuat pertumbuhan... "
Tokyo (ANTARA News) - Kepala bank sentral Jepang berjanji untuk bekerja sama dengan pemerintah baru negara tersebut dalam mengatasi deflasi, kata sebuah wawancara yang terbit, Sabtu.

"Bank of Japan, bukan hanya pemerintah, akan mendukung upaya memperkuat pertumbuhan," kata harian bisnis Nikkei, Masaaki Shirakawa.

Shirakawa menambahkan, kedua pelonggaran moneter dan langkah-langkah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi diperlukan untuk meningkatkan inflasi.

Dia membuat pernyataan setelah Shinzo Abe dilantik sebagai perdana menteri Jepang, Rabu, dan mengusulkan BoJ menetapkan target dua persen inflasi dalam upaya memerangi deflasi yang melanda perekonomian ketiga terbesar dunia ini selama bertahun-tahun.

Menteri Keuangan yang baru diangkat Taro Aso, Kamis, juga mengecam BoJ dan mengatakan lembaga tersebut lambat dalam menanggulangi deflasi.

Tapi Shirakawa berhenti sejenak untuk menyetujui target yang diusulkan, dan mengatakan bahwa pemerintah benar-benar berharap untuk mendiskusikan angka pada pertemuan dewan kebijakan berikutnya (Januari).

"Apa yang penting adalah mengamankan fleksibilitas dalam kebijakan moneter," kata dia.

Deflasi terus mengecam pemulihan Jepang dengan penurunan harga makanan yang memengaruhi keuntungan perusahaan, perusahaan terkemuka memangkas pekerjaan dan menunda pertumbuhan yang menghasilkan investasi modal.

Hal ini juga mengganggu permintaan karena mendorong konsumen untuk menunda melakukan pembelian dengan harapan membayar lebih sedikit jika belanja di jalan.

dalam pertemuan dewan sebelumnya, pekan lalu, BoJ meluncurkan pelonggatan putaran ketiga sejak September setelah rekan-rekan di Amerika Serikat dan Eropa dalam masalah besar untuk melawan perlambatan pertumbuhan.

Langkah ini secara luas dilihat sebagai sebuah busur untuk Abe, yang komentarnya dipandang sebagai tantangan langsung terhadap kemerdekaan BoJ dalam menetapkan kebijakan.

(S038)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012