Sabtu, 26 Juli 2014

PSSI panggil pemain baru untuk PPA

Sabtu, 29 Desember 2012 20:32 WIB | 6.922 Views
PSSI panggil pemain baru untuk PPA
ilustrasi Pemain sepak bola tim nasional Indonesia. (ANTARA/Prasetyo Utomo)
Jakarta (ANTARA News) - PSSI berencana memanggil pemain baru baik dari dalam dan luar negeri guna mengantisipasi jika pemain dari kompetisi ISL tidak bisa hadir pada pelatnas Pra Piala Asia (PPA) 2015.

Koordinator Timnas PSSI Bob Hippy di Jakarta, Sabtu, mengatakan rencana pemanggilan pemain baru ini dilakukan agar persiapan untuk PPA 2015 bisa maksimal.

"Kami tunggu mereka (pemain ISL) sampai 6 Januari nanti. Mudah-mudahan mereka bergabung. Yang jelas kami telah menyiapkan antisipasi jika mereka tidak hadir," katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya bersama jajaran pelatih terus memantau pemain yang berpeluang masuk pelatnas. Pemain ini di luar 43 nama yang sebelumnya telah dirilis.

43 nama pemain yang dipanggil pelatnas PPA 2015 di Medan mulai awal Januari 2013 merupakan gabungan dari pemain yang turun di kompetisi ISL dan IPL. Selain itu juga memanggil pemain naturalisasi yaitu Raphael Maitimo.

"Kami juga terus melakukan komunikasi dengan pemain yang bermain di luar negeri. Begitu juga dengan pemain naturalisasi," kata Bob Hippy menambahkan.

Pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu menjelaskan, khusus untuk pemain naturalisi, ada satu pemain yang telah menyatakan kesiapannya untuk memperkuat Timnas Garuda pada PPA 2015.

Pemain itu adalah Stefano Lilipaly. Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu saat ini memperkuat klub Divisi II Belanda, Almere City. Sebelumnya pemain berusia 22 tahun ini memperkuat FC Utrecht Belanda.

"Surat pemanggilan sudah dikirim. Kita tinggal tunggu kedatangannya. Untuk masalah daftar pemain sebelumnya masih bisa diubah," kata Bob menegaskan.

Sesuai dengan jadwal, tahapan pelatnas dimulai di Jakarta pada 4 Januari 2013. Selanjutnya semua pemain yang hadir akan menjalani tes kesehatan dan tes fisik. Setelah tahapan pertama usai, semua pemain menjalani pelatnas di Medan hingga menjelang pertandingan resmi.

Selama pelatnas anak asuh Nil Maizar dijadwalkan menjalani beberapa pertandingan uji coba dengan tim lokal seperti Pro Duta, PSMS, Semen Padang dan Persiraja. Selain itu juga uji coba internasional yang salah satunya melawan Myanmar.

Indonesia pada PPA 2015 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan China. Untuk pertandingan perdana adalah tandang ke kandang Irak, 6 Februari 2013 mendatang.


(B016/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga