Semua pihak tidak ingin ada yang mengalami kecalakaan...semua mengaharapkan wisatawan dapat bermain dan pulang dengan selamat
Bantul (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau pengunjung objek wisata pantai selatan untuk berhati-hati dan mewaspadai bahaya ombak pantai.

"Kami minta pengunjung untuk berhati-hati, karena ombak pantai selatan sulit diprediksi, kadang terlihat tenang, namun ombaknya besar yang bisa membahayakan," kata Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo, Minggu.

Ia mengatakan belum lama ini seorang wisatawan tenggelam dan meninggal dunia di pantai Parangtritis yang diduga karena terlalu asyik bermain tanpa memperhatikan bahaya ombak.

"Seperti kemarin ada yang asyik main bola dan tidak sadar bahaya ombak, tim keamanan memang sudah siap 24 jam, tapi kalau tidak ada unsur kehati-hatian dari masyarakat maka kerepotan," katanya.

Ia mengatakan pengunjung di objek wisata pantai termasuk pantai Parangtritis pada akhir tahun ini diprediksikan akan melonjak, oleh sebab itu pihaknya akan mengoptimalkan rambu-rambu dan papan larangan yang tersedia.

"Kalau membuat yang baru lagi, kemungkinan tidak karena waktu yang terlalu singkat, namun akan kami optimalkan seperti memasang papan larangan pada titik-titik yang berbahaya dan menggunakan pengeras suara oleh tim SAR," katanya.

(KR-HRI/M019)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012