Jakarta (ANTARA News) - Enam astronot awak Expedition 34 di Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS) menapaki Tahun Baru 2013 saat mengorbit pada ketinggian 260 mil atau 418,4 kilometer di atas Bumi.

"Rumah" mereka di antariksa menandai akhir 2012 dan awal 2013 dengan riset-riset mutakhir. Para awak punya cukup banyak waktu untuk merayakan Tahun Baru karena ISS melakukan perjalanan keliling Bumi setiap satu setengah jam.

Sebagai obyek paling terang ketika di langit setelah bulan dan Matahari, orang bisa melihat laboratorium itu melintas saat fajar atau senja.

Layanan "Spot the Station" Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mengirimkan surel atau pesan beberapa jam sebelum stasiun antariksa tersebut terlihat.

Menurut NASA, sepanjang tahun 2012, total ada 15 awak dalam lima ekspedisi yang disebut rumah ruang angkasa tersebut.

Komandan Kevin Ford bersama ahli penerbangan Oleg Novitskiy dan Evgeny Tarelkin merupakan awak Expedition 34 yang tiba di stasiun ruang angkasa pada 25 Oktober 2012. Pada 21 Desember, ahli  penerbangan Tom Marshburn, Chris Hadfield dan Roman Romanenko bergabung.

Saat Ford, Novitskiy dan Tarelkin kembali ke Bumi pada Maret 2013, Hadfield dari Canadian Space Agency akan menjadi orang Kanada pertama yang mengomando awak ekspedisi ke ruang angkasa. Selain dia, ada 12 astronot dan kosmonot lain yang akan bertugas di ISS tahun 2013.

(ANT)

Penerjemah: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013