... bandara ini terancam abrasi dalam jangka panjang... "
Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengatakan, Bandara Internasional Minangkabau Ketaping, Padang Pariaman, rawan terkena bencana abrasi dalam jangka panjang karena jaraknya tak jauh dari pantai.

"Jika tak ada langkah antisipasi seperti pembuatan bantu grib di bibir pantai kawasan Ketaping, bandara ini terancam abrasi dalam jangka panjang," kata Prayitno pada acara peresmian gedung pelarian di Padang, Rabu. Gedung ini ditujukan sebagai lokasi aman evakuasi tsunami.

Gedung berlantai empat itu, seluas 7.670 meter per segi yang mampu menampung 5.000 orang untuk evakuas sementara kalau terjadi gelombang tsunami dan dapat didarati helikopter.

Terkait bencana abrasi dan banjir bandang merupakan fenomena alam yang harus mendapatkan perhatian karena potensi cukup tinggi dan ada juga yang menelan korban jiwa, serta kerusakan permukiman.

Kawasan bibir pantai Sumbar cukup panjang mulai dari kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, Padang Pariaman, Tiku Agam sampai ke Sasak Pasaman Barat. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013