Jakarta (ANTARA News) - Acara Oscar 2013 akan berisi penghargaan khusus untuk film James Bond, sekaligus memperingati 50 tahun film mata-mata Inggris itu, kata penyelenggara pada Jumat seperti dikutip AFP.

Selama beberapa dekade, film 007 telah dinominasikan untuk mendapat piala berbentuk patung emas yang didambakan para pembuat film, meskipun pada umumnya dalam kategori teknis.

Ada juga yang mengatakan bahwa "Skyfall" dapat menyabet satu atau dua penghargaan.di Oscar tahun ini.
Apapun yang akan terjadi, mata-mata paling terkenal dari Inggris itu sudah pasti akan menjadi sorotan Oscars di acara Academy Awards ke-85 pada 24 Februari.

"Kami sangat senang dapat membuat penghormatan untuk film-film Bond pada peringatan ke-50 tahun," kata produser Oscar Craig Zadan dan Neil Meron.

"Sejak film pertama "Dr.No" pada 1962, film-film 007 telah menjadi franchise yang tayang terlama sepanjang sejarah dan menjadi fenomena yang dicintai dunia," tambah mereka dalam sebuah pernyataan.

"Skyfall", film ke-23 dari franchise 007 dan juga film ketiga yang dibintang Daniel Craig, bulan lalu menjadi film pertama yang meraup 100 juta pounds (160 juta dolar) di box office Inggris. Di seluruh dunia, pendapatannya telah lebih dari 1 miliar dolar.

Film terbaru Bond yang disutradari Sam Mendes pada minggu ini menjadi film Bond pertama yang masuk dalam daftar nominasi film terbaik dari Producers Guild of America (PGA).

Hanya sedikit orang yang meramalkan bahwa "Skyfall" akan mendapatkan penghargaan dalam Oscar. Tapi ada juga spekulasi bahwa film itu dapat meraih Best Song berkat soundtrack yang dinyanyikan Adele, nominasinya akan diumumkan pada 10 Januari mendatang.

Film James Bond pada 1964, "Goldfinger" memenangi Oscar untuk best effects dan sound effects, sementara itu tahun berikutnya "Thunderball" mendapat penghargaan untuk best effects dan special visual effects.

(nan)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013