Seoul (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Google Eric Schmidt dan mantan Gubernur New Mexico Bill Richardson tiba di Korea Utara hari ini dalam upaya membebaskan seorang warga negara AS yang ditahan di negeri itu.

Kunjungan itu dilakukan setelah Korea Utara menggelar percobaan peluncuran rudal jarak jauhnya bulan lalu dari tempat yang menurut citra satelit sebagai fasilitas nuklir dan disebut sebagai percobaan ketiga peledakan bom nuklirnya.

Cuplikan stasiun televisi nasional Korea Utara memperlihatkan Richardson dan Schmidt berada di bandara Pyongyang, Senin malam.

"Kami ingin menanyakan orang Amerika yang ditahan (di sini). (Ini semata) sebuah kunjungan kemanusiaan pribadi," kata Richardson seperti dikutip Reuters.

Delegasi ini terdiri dari Schmidt, anak perempuannya, Richardson, dan eksekutif Google Jared Cohen, kata media Korea Utara itu seraya menerangkan bahwa delegasi itu tiba di Pyongyang lewat Beijing, China.

Misi ini dikritik Gedung Putih karena dianggap tidak tepat waktu.

Amerika Serikat sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Korea Utara yang secara teknis masih dalam status berperang melawan Korea Selatan.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013