Sepuluh partai itu sebenarnya cukup ideal, apalagi dengan `parliamentary threshold` yang sudah diputuskan 3,5 persen,"
Singapura (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan hasil verifikasi partai politik, yang meloloskan 10 parpol menjadi peserta Pemilu 2014, sudah ideal.

"Sepuluh partai itu sebenarnya cukup ideal, apalagi dengan `parliamentary threshold` yang sudah diputuskan 3,5 persen," kata Jusuf Kalla di Singapura, Rabu.

Menurut dia, ketentuan ambang batas perolehan suara minimal parpol dalam pemilu akan menimbulkan masalah baru terkait upaya pemenuhan ketentuan tersebut.

Parpol-parpol baru, yang tidak memenuhi syarat verifikasi, akan berupaya lebih keras lagi guna memenuhi ketentuan tersebut hingga di tingkat DPRD.

"Kalau Pemilu 2009, masih ada perwakilan di DPRD karena waktu itu tidak ada parliamentary threshold di DPRD," katanya.

Maka dari itu, menurut dia, para parpol baru tersebut memang sebaiknya bergabung dengan parpol yang lolos menjadi peserta Pemilu 2014.

Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pemilu akan lebih hemat.

"Pemilu akan lebih efisien dan terfokus, sehingga biaya pemilu akan lebih murah, biaya kertas dan kampanye juga lebih murah," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 10 parpol, sembilan partai parlemen dan satu partai baru, menjadi peserta Pemilu 2014, sementara 24 parpol lain gugur.

Parpol-parpol yang tidak lolos berencana untuk menggugat KPU karena dirasa tidak profesional dalam menjalankan proses verifikasi.

(F013/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013