Massachusetts (ANTARA News) - Produsen komputer Hewlett-Packard (HP) mendominasi pengapalan komputer personal (PC) di seluruh dunia pada 2012 dengan pangsa pasar 16,5 persen, demikian disebut perusahaan riset International Data Corporation (IDC).

IDC, dalam siaran resmi mereka, mencatat pengapalan PC secara global selama 2012 menurun 3,2 persen menjadi lebih 325 juta unit dibanding periode yang sama 2011.

Pada kuartal empat 2012 itu, komposisi pasar PC dunia diisi Lenovo dengan pangsa pasar 14,9 persen, Dell (11 persen), Acer Group (9,5 persen), dan ASUS (6,8 persen).

"Meskipun kuartal itu (Q4 2012) menandai era baru industri PC dengan peluncuran Windows 8, dampaknya tidak mengubah permintaan perangkat komputer secara cepat," sebut IDC.

Analis senior IDC, Jay Chou, mengatakan para produsen komputer dunia tidak memfokuskan penawaran fitur-fitur lain dari komputer berlayar sentuh Windows 8 seperti keamanan, kehandalan, dan efisiensi.

"Konsumen mengharapkan segala hal dari PC hebat dengan kemampuan tablet dan sentuhan. Sementara, mereka memandang PC tradisional bersistem operasi baru (Windows 8) dengan aplikasi dan perangkat kerasnya belum begitu dibutuhkan," kata Direktur Riset IDC, David Daoud.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013