... harus pandai-pandai jangan sampai latah mengikuti parpol..."
Jakarta (ANTARA News) - Lama tidak terdengar kabarnya, kini Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) resmi dikukuhkan menjadi anggota Dewan Pembina Ormas Kiblat periode 2012-2017.

Kiblat, didedikasikan menjadi organisasi masyarakat untuk kepentingan sosial kemasyarakatan. Ichsan Noor adalah ketua Dewan Presidium Pusat Kosasih, dengan Ketua Harian, Nilwan Meiryanus, Sekretaris, Persada Ginting, dan Bendahara, Egart G Riana.

Akan tetapi, Tommy alias Mas Tommy sebagaimana kalangan dekatnya menyapa dia, tidak hadir dalam pengukuhan kepengurusan organisasi masyarakat itu.

"Kiblat adalah ormas yang bergerak di bidang kemasyarakatan, bukan politik," kata Noor. di Jakarta, Sabtu.

Karena itu, Noor menegarkan, "Kiblat mengharamkan apabila dibawa ke kepentingan politik. Karena itu, kita harus pandai-pandai jangan sampai latah mengikuti parpol."

Namun, dia mengatakan pihaknya membuka diri bagi semua kalangan yang ingin bergabung dengan ormas tersebut, termasuk dari kalangan parpol.

"Boleh saja, misalkan ada dari Partai Demokrat yang ingin gabung. Hak politik juga ada pada kader, programmnya boleh politik tapi 'haram' untuk dijadikan kepentingan politik praktis," katanya.

Ichsan juga menjamin ormasnya tidak akan terjun ke dalam percaturan politik, terutama dalam Pemilu 2019.

(J010/N001)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013