Jakarta (ANTARA News) - Joko Widodo mendatangi kebun bibit Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di Ciganjur, melihat langsung kesiapan penyediaan tanaman untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH).

"Semua aset akan kami gunakan untuk menghijaukan Jakarta secara total," kata Gubernur DKI Jakarta itu saat ditemui di Kebun Bibit Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di Ciganjur, Senin.

Dia mengatakan bahwa kebun seluas 3,5 hektar tersebut sudah cukup untuk sekedar menjadi tempat adaptasi tanaman berukuran besar sebelum dipindahkan ke taman-taman yang akan dihijaukan.

"Kalau besar ya bagus, kalau tidak ya segini saja sudah cukup," kata Jokowi.

Menurutnya, kebun tersebut hanya akan menjadi tempat sementara atau tempat adaptasi pohon-pohon yang sudah memiliki diameter lebih dari 3 meter. "Pembibitan pohon kecil juga ada tapi enggak banyak lah," kata Jokowi.

Selain memeriksa kesiapan bagian pembibitan, Jokowi juga mengatakan akan menurunkan dana Rp20 miliar untuk program RTH di Jakarta. "Kalau perlu tahun depan Rp1 triliun. Mau kan Jakarta jadi hijau? Ya sudah."

Dia berjanji tidak akan lagi menggunakan tanaman bakung yang selama ini banyak menghias taman-taman Jakarta. "Enggak pakai bakung lagi," katanya.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013