...berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi serta arus laut yang kuat."
Batam (ANTARA News) - Gelombang laut di Perairan Natuna, Selasa mencapai empat meter dengan kecepatan arus laut 70 cm per detik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam memperkirakan gelombang tinggi masih terjadi hampir di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau terutama Natuna pada Selasa. Nelayan dan pengguna transportasi laut diminta berhati-hati.

"Untuk aktivitas kelautan dihimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi serta arus laut yang kuat," kata Petugas Forecaster BMKG Hang Nadim Batam Sri Sulismiyati.

Sementara itu, kondisi udara atas yang labil mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif cumulus dan cumulonimbus di Kepri, kata dia. Namun kelembapan udara yang rendah menyebabkan awan yang terbentuk menjadi lebih sedikit.

Hal itu menyebabkan cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan serta berpeluang hujan ringan yang bersifat lokal dan terkadang disertai petir.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara," kata dia.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan kembali berawan pada malam. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 30 kilo meter per jam utara.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 72 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,7 sampai 2,5 meter.

Sama dengan Batam, cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 31 kilo meter per jam arah utara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 69 sampai 92 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai tiga meter.

Di Karimun pada Selasa pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 27 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 69 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai dua meter.

Sementara cuaca di Lingga Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilo meter per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan 64 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 3,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan delapan sampai 30 kilo meter arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembapan 75 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 1,5 sampai empat meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Selasa pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan delapan sampai 30 kilo meter arah barat daya.

Suhu udara Anambas antara 23 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembapan 74 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 1,5 sampai 3,5 meter. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013