Kamis, 31 Juli 2014

Ketua MA sayangkan pernyataan Daming

Rabu, 16 Januari 2013 13:56 WIB | 2.619 Views
Ketua MA sayangkan pernyataan Daming
Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali menyayangkan pernyataan hakim Muhammad Daming Sunusi yang dinilai melecehkan korban pemerkosaan

"Daming keseleo lidah, katanya nervous setelah mendapat pertanyaan bertubi-tubi dari anggota DPR. Namun seharusnya dia bisa mengatasi tekanan seperti itu karena terbiasa memimpin sidang," kata Hatta Ali usai penandatangan kerja sama Komisi Yudisial dan Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Rabu.

Hatta mengatakan, sebagai hakim karier yang sudah puluhan tahun bertugas dan memiliki banyak pengalaman, Daming seharusnya bisa mengatasi kegugupannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, nasib Daming ada di tangan Komisi III DPR. Menurut dia, pihaknya tidak bisa mengintervensi proses uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung yang sedang dijalani Daming.

Saat ditanya tentang sanksi terhadap Daming, Hatta mengatakan hal itu perlu ditelaah lebih lanjut tentang letak kesalahan yang dilakukan. Namun, Hatta meminta publik untuk tidak buru-buru menyalahkan.

"Sebagai manusia, kadang bisa berlaku salah," katanya.

Sementara, Ketua KY Eman Suparman mengatakan, pihaknya sudah mendapat klarifikasi langsung dari Hakim Daming dan akan melakukan rapat panel terkait dugaan pelanggaran kode etik.

"Itu diputuskan oleh panel, apa sanksinya terkait pelanggaran kode etik," kata Eman.

(J008/N002)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga