...telah punah pada tanggal 15 Januari...
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan badai tropis Narelle yang sebelumnya menjadi salah satu penyebab cuaca buruk telah punah pada tanggal 15 Januari dan belum menunjukkan pertanda akan munculnya badai tropis baru.

"Pada saat ini kondisi cuaca secara umum dipengaruhi oleh adanya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera Bagian Selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara. Sedangkan Narelle sudah punah," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG, Soepriyo, di Jakarta, Rabu.

Soepriyo menjelaskan, hal itu menyebabkan curah hujah hujan intensitasnya menjadi berkurang dibandingkan dengan periode sebelumnya, demikian juga dengan kondisi tinggi gelombang laut cenderung menurun.

"Untuk dua hingga tiga hari ke depan diperkirakan ada peningkatan aktifitas monsun Asia, yang berpotensi meningkatkan aktifitas cuaca di Wilayah Sumatera Selatan dan Jawa," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan jika kondisi cuaca untuk satu hingga dua hari ke depan cenderung akan membaik dan diperkirakan akan mengalami peningkatan curah hujan sekitar akhir pekan mendatang.

"Peningkatan curah hujan khususnya terjadi di wilayah Depok dan Bogor," katanya.
(W004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013