Kairo (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam, sebelumnya bernama Organisasi Konferensi Islam (OKI), di Kairo, Mesir, bulan depan.

Beberapa sumber kepada ANTARA di Kairo mengungkapkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyatakan kesediaannya untuk menghadiri KTT ke-12 organisasi yang beranggotakan 55 negara berpenduduk mayoritas Muslim tersebut atas undangan Presiden Mesir Mohamed Moursi.

Setelah menghadiri KTT OKI yang berlangsung pada 6-7 Februari 2013, Presiden Yudhoyono juga direncanakan akan mengadakan kunjungan resmi ke negeri Ratu Cleopatra itu pada Maret depan.

Dengan demikian, Kepala Negara akan melawat ke negeri Piramida itu dua kali dalam tahun ini.

Duta Besar RI untuk Mesir, Nurfaizi Suwandi, yang dikonfirmasi ANTARA mengenai rencana dua kali kunjungan Yudhoyono ke Mesir tersebut, membenarkannya dengan jawaban singkat, "Insya Allah" (Semoga Allah menghendaki, Red).

Sejak menjabat Presiden, Yudhoyono baru sekali berkunjung ke Mesir, yaitu pada November 2004 atas undangan Presiden Mesir ketika itu Hosni Mubarak untuk menghadiri upacara penghormatan terakhir jenazah mendiang Pemimpin Palestina, Yasser Arafat.

Sementara itu, Presiden Moursi juga direncanakan dalam waktu dekat akan berkunjung ke Indonesia untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Sedianya Presiden Moursi melawat ke Indonesia pada Desember tahun lalu, namun tidak terwujud akibat situasi dalam negeri Mesir yang tidak memungkinkan.

"Bila berkunjung ke Indonesia, Presiden Moursi direncanakan akan disertai sejumlah pengusaha papan atas Mesir untuk menjalin kerja sama dengan mitra mereka di Indonesia dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara," kata Kepala Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kairo, Muhammad Nur Salim.

(M043)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013