Jakarta (ANTARA News) - Pelaku industri mode juga harus peduli dan sadar akan lingkungan hidup, kata Direktur Indonesia Fashion Week (IFW) 2013, Dina Midiani.

"Mode memiliki banyak pengikut, sehingga kita bisa mengajak banyak orang untuk sadar akan lingkungan hidup," ujar Dina saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Karena alasan tersebut, Dini mengemukakan bahwa IFW 2013 akan memperkenalkan tiga zona baru, yang salah satunya adalah mengedukasi para pelaku industri mode untuk peduli dan sadar lingkungan hidup.

"Zona ini diberi nama 'Green Point", ini akan berupa pembelajaran supaya pelaku industri mode tidak hanya sekadar menggunakan pewarna alami, namun juga harus efisien," jelas Dina.

Selain 'Green Point', dua zona baru yang lain adalah 'Starting Point' dan 'Concept Point'.

Lebih lanjut Dina menjelaskan bahwa 'Starting Point' adalah zona di mana para kreator dapat menjual ide mereka dalam rupa hak cipta. Sehingga diharapkan tidak lagi ada plagiarisme mode.

Sementara itu 'Concept Point' adalah zona di mana produk sudah harus siap dalam konsep 'branding'. "Para pelaku mode ini harus memiliki tiga zona ini, maka mereka siap berkompetisi secara global," imbuh Dina.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013