Colorado Springs, Colorado (ANTARA News) - Kepala Badan Antidoping Amerika Serikat (USADA) Travis Tygart, Jumat, mengapresiasi pengakuan pebalap sepeda Lance Armstrong bahwa dia telah menggunakan doping.

Dia menyebut pengakuan ini sebagai langkah kecil menuju arah yang benar.

"Malam ini (Jumat pagi WIB) Lance Armstrong akhirnya mengakui bahwa karir balap sepedanya dibangun dari kombinasi doping dan tipuan," kata Tygart yang memimpin penyelidikan USADA atas kasus Armstrong yang membuat gelar tujuh kali juara Tour de France-nya dicabut, dan dilarang lagi berpartisipasi lagi dalam olahraga.

Belum lama ini Armstrong menuduh investigasi USADA sebagai upaya mencemarkan nama baiknya.  Dia juga menuduh Tygart dan para koleganya tengah berusaha menjadi pahlawan dengan cara menyudutkannya.

"Pengakuan dia bahwa dia menggunakan doping selama karirnya adalah langkah kecil menuju arah yang benar," kata Tygart seperti dikutip AFP.

"Tapi jika dia jujur berniat memperbaiki kekeliruannya di masa lalu, dia kan bersaksi di bawah sumpah mengenai keseleruhan aktivitas dopingnya."  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013