Jakarta (ANTARA News) - Petugas Penanggung Jawab Pintu Air Manggarai Parjono mengatakan ketinggian air di kawasan tersebut hingga pukul 23.45 WIB, Jumat (18/1), mencapai 930 centimeter atau berstatus siaga II dengan kondisi dua dari empat pintu di buka.

"Hingga saat ini ketinggian air di Pintu Manggarai 930 cm, atau berstatus siaga II, dua pintu mengarah ke Banjir Kanal Barat telah dibuka, sedangkan dua pintu lain mengarah ke Ciliwung Lama masih ditutup," kata Parjono saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan saat pintu air berstatus siaga II kewenangan buka-tutup pintu berada di tangan Kepala Dinas PU DKI Jakarta.

"Sejauh ini belum ada instruksi lebih lanjut dari pimpinan untuk buka-tutup pintu," kata dia.

Parjono mengatakan berdasarkan laporan yang diterima dari Petugas Pintu Air Katulampa ketinggian air di sana masih berukuran 90 cm atau berstatus siaga III. Sedangkan kondisi Pintu Air Depok saat ini 210 cm atau berstatus siaga III.

Sebelumnya pada pukul 20.00 WIB ketinggian air di Manggarai mencapai 925 centimeter atau meningkat 15 centimeter dibandingkan dengan pukul 15.30 WIB yang mencapai 910 centimeter.

Sedangkan di pintu air Katulampa dan Depok pada pukul 20.00 WIB ketinggian air masing-masing mencapai 100 centimeter dan 225 centimeter.

Status pintu air Manggarai akan menjadi siaga I apabila ketinggian air mencapai lebih dari 950 cm. Parjono mengatakan ketinggian air di Pintu Air Manggarai sangat dipengaruhi oleh ketinggian air di Pintu Air Katulampa. (R028)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013