Biak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, menginformasikan tinggi gelombang laut di perairan Papua dan Arafuru bagian Timur, Sabtu mencapai ketinggian berkisar 4-5 meter.

Data yang diinformasikan BMKG Sabtu menyatakan bahwa, angin pada umumnya bertiup dari arah Barat daya hingga Barat Laut Timur laut dengan kecepatan berkisar 5-24 Km/jam dengan keadaan cuaca berawan dan hujan dengan intensitas ringgan.

Untuk peluang hujan diperkirakan akan terjadi pada pagi dan malam hari dengan suhu udara mencapai 24-30 Derajat Celcius serta kelembaban utara berkisar 72-96 persen.

BMKG menginformasikan, peringatan pelayaran cuaca badai buruk dengan tinggi gelombang mencapai 4-5 meter di perairan Arafuru bagian Timur.

Sedangkan tinggi gelombang 3-4 meter terjadi di perairan Samudera Pasifik Utara Papua Barat, Agat Amamapare, Yos Sudarso Jayapura dan perairan Merauke.

Sementara tinggi gelombang mencapau 2-3 meter akan terjadi di perairan Raja Ampat, Fakfak, Kaimana Papua Barat serta Samudera Pasifik Utara Biak, dan perairan Jayapura-Sarmi.

Keadaan angin di wilayah Utara Papua pada umumnya bertiup dari arah Barat laut dengan kecepatan berkisar mencapai 5-20 knots/jam terjadi hujan.

Sementara angin di wilayah Selatan Papua bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 10-34 Km/jam terjadi hujan.

Untuk perairan Samudera Pasifik Utara Biak angin pada umumnya bertiup dari Timur laut dengan kecepatan berkisar 5-15 Knots/jam terjadi hujan dengan tinggi gelombang laut berkisar 0,75 meter-3 meter.

Hingga Sabtu pagi pukul 06.20 WIT keadaan cuaca di kota Biak sekitarnya tampak cerah dan berawan sehingga mendukung kelancaran warga untuk beraktifitas dalam keseharian.

(M039/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013