Kinerja ekspor memang sedikit melemah
Denpasar (ANTARA News) - Bank Indonesia memperkirakan adanya penurunan nilai ekspor dari Provinsi Bali pada kuartal I/2013 sebagai dampak dari melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia.
 
"Kinerja ekspor memang sedikit melemah. Namun saat ini sudah kembali dalam tahap perbaikan," kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III/Bali-Nusra, I Gde Made Sadguna, di Denpasar, Minggu.

Dia memperkirakan kinerja ekspor akan kembali meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik. Namun pihaknya tidak bisa memastikan waktunya.

"Peningkatan itu belum dapat dipastikan kapan, tergantung kondisi eksternal dan internal," ucapnya.

Salah satu hal yang harus dilakukan guna meningkatkan kinerja tersebut adalah dengan terus menggalakkan dan menumbuhkan industri kreatif.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat nilai ekspor Bali pada November 2012 sebesar 48,25 juta dolar AS atau mengalami penurunan sebesar 7,37 persen dibandingkan Oktober tahun yang sama sebesar 52,09 juta dolar AS.

Namun dilihat dari neraca perdagangan secara kumulatif dari Januari hingga November 2012, Bali masih surplus sebesar 398,9 juta dolar AS.

Nilai kumulatif ekspor Januari hingga November tahun tersebut sebesar 534,58 juta dolar AS sedangkan impor periode yang sama sebesar 135,68 juta dolar AS.

(KR-IGT/M038) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013